Begini Caranya Memilih Processor Pada PC

Tips

Apakah saat ini Anda sedang mencari toko komputer termurah di Medan? Sebagai pengguna PC, tentunya Anda akan mencari toko yang menyediakan PC murah dan berkualitas, kan? Apalagi Medan sebagai pusat bisnis di Sumatera Utara pastinya memiliki persaingan yang sangat ketat. Termasuk dalam bidang teknologi, pastinya Anda harus melek IT seperti PC yang mungkin sedang Anda butuhkan.

Saat ini telah banyak beredar PC yang canggih serta modern dengan persaingan harga yang sangat ketat. Hampir semua PC memiliki tingkat harga yang sejajar. Hanya saja, brand yang telah menyantol pada perangkat tersebut biasanya paling utama untuk diperhatikan oleh para pengguna.

Padahal, hampir semua brand perangkat canggih kini telah melek teknologi. Hal tersebut memunculkan persaingan PC yang sangat beragam. Hampir semua perangkat memiliki kualitas yang sejajar. Hanya saja, para pengguna tidak menyadari lebih detail mengenai processor pada PC yang akan digunakannya.

Mengenal Processor PC Sebelum Membeli

Perlu diketahui, processor diibaratkan sebagai otak yang bekerja di balik proses perangkat seperti PC. Apabila perangkat telah merasa lelah karena terlalu lama digunakan, maka processor dari perangkat tersebut akan berjalan lebih lambat. Hal tersebut akan mengakibatkan perangkat lemot bahkan blank.

Sebagai pengguna perangkat, Anda sebaiknya mampu memahami berbagai processor PC sebelum membelinya. Salah membeli perangkat karena tidak memahami processor yang ada dalam perangkat tersebut tentunya akan berakibat fatal. Selain merasa menyesal, Anda juga akan merasakan kelemotan dari perangkat tersebut.

Sebelum membeli PC pada toko komputer termurah di Medan, Anda sebaiknya juga jangan mudah terkecoh dengan berbagai opini masyarakat bahkan opini dari sales PC mengenai processor. Ada banyak opini yang beredar sehingga sangat menyesatkan para calon pembeli PC. Adapun beberapa opini tersebut antara lain

  • Pengguna biasanya akan memilih processor berdasarkan thread yang ramai. Semakin ramai, semakin bagus processor yang ada pada perangkat tersebut.
  • Semakin tinggi core yang ada pada processor, maka semakin canggih processor yang digunakan.
  • Tingkat Ghz akan mempengaruhi kecepatan processor. Semakin tinggi tingkatnya maka kecepatannya akan semakin kencang.
  • Semakin mahal perangkat yang dibeli maka semakin canggih processornya.

Opini-opini di atas sebaiknya tidak serta-merta Anda telan dan ikuti. Tidak semua perangkat memiliki ketentuan yang sama seperti hal di atas. Tidak semua core tinggi memiliki processor yang bagus. Bahkan, harga dari suatu perangkat juga tidak mempengaruhi kualitas perangkat secara signifikan.

Untuk itu, Anda perlu memahami cara melakukan pemilihan processor PC sebelum membelinya. Seperti pada ulasan berikut ini ada beberapa tips dalam memilih processor sehingga Anda tidak terjebak dalam lubang opini di atas.

Pemilihan Processor PC

Agar mendapatkan processor PC yang optimal, maka sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips dalam memilih processor berikut.

  • Gunakan Benchmark untuk membandingkan processor lain

Benchmark merupakan suatu sistem yang digunakan untuk membaca score dari processor suatu PC. Anda dapat membandingkan processor satu dengan lainnya melalui benchmark. Score tersebut tentunya sangat real dan bukan rating berdasarkan opini para penggunanya.

  • Perhatikan processor dari generasi ke generasi

Setiap processor biasanya mengalami perkembangan dari generasi ke generasi. Anda sebaiknya membandingkan setiap generasinya. Processor yang berasal dari generasi terbaru tidak selalu memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

  • Pastikan memilih processor berdasarkan kebutuhan Anda termasuk harganya

Untuk memastikan budget yang Anda butuhkan, maka sebaiknya Anda mengontrolnya berdasarkan kebutuhan Anda. Pahami berbagai PC sesuai dengan kebutuhan Anda misalnya untuk sekedar mengerjakan tugas belajar, main game online, atau untuk bekerja dan lainnya. Setiap processor pastinya memiliki fungsinya yang beragam. Pemilihan tersebut pastinya akan mempengaruhi harga yang ditawarkan oleh produsen.

  • Daya processor juga perlu dipahami

Besarnya daya yang ada pada processor juga perlu Anda pahami dengan baik. Processor terbitan generasi lawas biasanya memiliki kapasitas daya hingga 110 watt. Padahal daya tersebut belum ditambah dengan VGA discrete yang besarnya kisaran 70-80 watt. Untuk itu, pilih daya processor yang sesuai dengan daya listrik pada rumah Anda sehingga tegangan listrik tetap aman.

  • Perhatikan fitur dan future proof dari processor yang akan dibelinya

Beberapa fitur seperti overlock maupun VT pada processor juga perlu Anda pertimbangkan. Pasalnya, tidak semua processor memiliki kedua fitur tersebut. Termasuk future proof seperti socket dan chipset motherboard juga perlu Anda perhatikan. Apalagi PC tersebut akan Anda gunakan untuk beberapa tahun ke depan, Anda tentunya harus memilih processor yang usianya panjang beberapa tahun.

Itulah beberapa tips mengenai cara memilih processor sebelum membeli PC di toko komputer termurah di Medan. Bila Anda sudah paham dengan cara memilih processor, segera beli PC yang Anda minati, ya!