Cara Untuk Menikmati Proses Belajar Pemrograman

Tips

Tidak ada pekerjaan di dunia ini yang sulit. Semua pekerjaan pasti bisa diselesaikan dengan baik dengan catatan kita berkeinginan kuat untuk mengupayakan tenaga, waktu, dan pikiran untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sama halnya dengan proses belajar. Proses belajar pasti akan membosankan dan mengurasi tenaga, waktu, serta pikiran. Namun proses belajar sesulit apapun pasti akan kita upayakan agar dapat selesai dengan baik. Beban pikiran yang berat tersebut tentu tidak akan berasa jika kita menikmati atau enjoy dengan proses belajar tersebut. Hal tersebut juga berlaku jika kamu berniat untuk menekuni pemrograman

Dalam belajar pemrograman tentu tidak akan mudah, namun jika kamu enjoy maka sesulit apapun akan terasa mudah. Hal ini juga yang pastinya di praktikkan oleh mereka yang menawarkan jasa pembuatan aplikasi android terbaik. Sebelum mereka sanggup menciptakan aplikasi android, pastilah mereka sudah melewati proses belajar yang panjang dan melelahkan.

Untuk dapat menikmati dalam proses belajar programming atau pemrograman kamu perlu mengetahui hal-hal berikut terlebih dahulu.

Tentukan Tujuan

Hal utama yang sering dilupakan banyak orang ketika ingin melakukan sesuatu adalah lupa menentukan tujuan. Padahal tujuan adalah hal yang sangat penting dan utama. Adanya tujuan dapat membuat apapun yang sedang kamu lakukan dapat lebih konsisten. Jika kamu mulai lelah dengan semua proses harus dilalui, maka dengan mengingat tujuan yang ingin kamu capai kamu dapat kembali semangat. Beberapa tujuan yang biasanya orang pilih ketika hendak serius dalam mempelajari pemrograman yaitu;

  • Ingin menambah wawasan dan kemampuan
  • Ingin menjadikan programming sebagai bisnis atau ladang penghasilan
  • Ingin memanfaatkan prospek dan peluang dari dunia pemrograman
  • Ingin mewujudkan cita-cita

Tujuan-tujuan tersebut bisa saja berbeda dengan tujuan yang kamu miliki. Yang terpenting dalam menentukan sebuah tujuan adalah pastikan tujuan tersebut benar-benar dari hati kamu bukan karena orang lain yang akhirnya akan membuat kamu tidak menikmati proses yang ada.

Pelajari Hal Basic

Setelah menentukan tujuan yang menjadi alasan mengapa kamu belajar programming, hal berikutnya yang dapat kamu lakukan agar kamu tetap enjoy dalam belajar pemrograman adalah mempelajari hal basic terlebih dahulu. Semua setuju bahwa pemrograman tidaklah mudah. Butuh waktu dan keuletan untuk akhirnya bisa benar-benar menguasai ilmu tersebut. Namun dengan mempelajari hal basic atau dasar terlebih dahulu, nantinya kamu akan lebih mudah untuk mempelajari bagian yang lebih sulit.

Jangan terburu-buru untuk langsung belajar coding atau bahasa pemrograman yang sulit. Akan tetapi, pelajari terlebih dahulu hal-hal dasar dari pemrograman seperti istilah-istilah penting, ilmu pengetahuan lain yang menunjang seperti fisika dan matematika, atau hal basic lainnya. Jika hal basic sudah kamu kuasai maka hal-hal yang lebih rumit dapat lebih mudah kamu pelajari. Hal tersebut pulalah yang dilakukan oleh mereka yang menawarkan jasa pembuatan aplikasi android terbaik. Sebelum menjadi ahli profesional, mereka sudah terlebih dahulu melewati fase belajar hal-hal basic dari pemrograman.

Diskusi Dengan Orang Lain

Melalui proses pembelajaran apapun itu disiplin ilmunya pasti tidaklah mudah. Namun jika proses pembelajaran dilakukan bersama-sama maka akan terasa lebih mudah. Hali ini juga berlaku jika kamu ingin mempelajari pemrograman. Akan jauh lebih menyenangkan jika proses belajar tidak dilakukan sendirian. Kamu bisa belajar bersama teman baik secara langsung atau melalui sosial media seperti klub atau grup diskusi. Jika belajar bersama-sama maka dijamin kamu akan lebih enjoy untuk menikmati setiap prosesnya.

Tidak hanya itu, dengan sering berdiskusi dengan orang lain kamu juga dapat melatih softskill kamu yang lain seperti public speaking ataupun leadership. Kamu juga bisa menjalin koneksi dan relasi dengan banyak orang melalui diskusi tersebut. Kamu juga akan lebih open minded dan mendapatkan banyak ilmu serta masukan dari orang lain yang akan membuat kemampuan kamu dalam hal pemrograman semakin meningkat. Cobalah untuk belajar bersama dengan orang lain, dijamin proses belajar akan jauh lebih menyenangkan.

Praktik Langsung

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan agar kamu tidak bosan dan tetap enjoy dalam belajar pemrograman adalah dengan praktik langsung. Kamu dapat langsung mencoba membuat aplikasi-aplikasi sederhana dengan menerapkan ilmu yang telah kamu pelajari. Dengan demikian kamu dapat mengukur kemampuan yang kamu miliki apakah kamu sudah mampu menghasilkan karya dari ilmu yang selama ini kamu pelajari atau masih perlu mendalami lagi ilmu tersebut.

Buatlah aplikasi sederhana yang dapat menjadi refleksi dari proses belajar yang telah kamu lalui. Mintalah saran dan masukan dari orang lain, agar kamu dapat terus berkembang. Evaluasi apa yang kurang dan perbaiki untuk menghasilkan karya yang lebih baik dan lebih inovatif.

Hal-hal tersebut juga pasti dilakukan oleh mereka yang saat ini bekerja sebagai penyedia jasa pembuatan aplikasi android terbaik. Sebelum menjadi ahli di bidang pemrograman, mereka pasti telah melalui fase gagal dalam membuat sebuah aplikasi. Namun karena terus berusaha dan terus mencoba, akhirnya mereka kini dapat menjadi seorang profesional di bidang pemrograman yang dapat menghasilkan karya keren.