Pengalaman Interview Kerja di Depan HRD

Pengalaman

Jika saat ini Anda sedang mempersiapkan diri melaksanakan interview kerja dimana sebelumnya sudah mendaftar pada lowongan kerja yang diminati. Kemungkinan interview akan berlangsung untuk jangka waktu yang dekat. Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai hal-hal penting yang berkaitan dengan interview user. Pertanyaan apa saja pada saat interview user dan juga tips-tips pada saat interview user.

Pengertian Interview User

Interview user merupakan tahapan interview yang dilalui dari seorang calon kandidat dimana yang melamar pekerjaan pada jabatan dan posisi-posisi tertentu di dalam sebuah perusahaan dalam menemukan dan menentukan kecocokan diantara calon-calon kandidat dengan user dimana pewawancara merupakan user ataupun pimpinan atau jabatan terkait.

Perbedaan antara interview user dan HRD terletak pada tujuannya. Pada saat interview dengan HRD ini bertujuan untuk dapat mengenal dan menggali secara lebih dalam mengenai kepribadian dari calon kandidat dan untuk mengetahui apa saja kompetensi yang dimiliki dari calon kandidat. Tujuan dari interview user ini adalah untuk mengetahui seberapa besarnya kemampuan secara teknis pekerjaan serta chemistry diantara user dan dengan kandidatnya.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Interview User

Ketika seseorang sedang melamar pekerjaan pada lowongan kerja yang mereka minati maka harus benar-benar mempersiapkan diri terlebih dulu pada saat menghadapi interview user dengan terlebih dulu memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Memahami Posisi Pekerjaan

Ketika melamar sebuah posisi pekerjaan pada sebuah portal online maka tentunya akan membaca job description yang sudah tertera pada bagian iklan tersebut. Maka ada baiknya untuk disimpan pada ponsel terlebih dulu bagian yang dilamar, karena suatu saat tentunya akan sangatlah berguna apabila sudah sampai ke tahap interview user.

Pelajarilah setiap jobdesk yang diberikan perusahaan jika nantinya diterima pada posisi pekerjaan tersebut. Kemampuan apa saja yang perlu dikuasai supaya dapat diterima di jabatan atau posisi tersebut. Kegiatan apa saja yang perlu dilakukan apabila diterima. Jika sudah mempelajarinya dulu maka bisa menarik perhatian dari user serta memiliki peluang untuk diterima lebih besar pada perusahaan yang bersangkutan.

  1. Melakukan Riset Perusahaan

Yang perlu dilakukan selanjutnya adalah riset mengenai informasi-informasi penting dari perusahaan yang dilamar sebelum masuk ke sesi interview user. Cari tahu tentang profil perusahaan seperti visi dan misi perusahaan, kelebihan dan kekurangan perusahaan yang dilamar supaya tidak menyesal nantinya.

  1. Cari Tahu Tentang User

Ketika sudah yakin memahami tentang posisi perusahaan yang dilamar serta sudah melakukan riset perusahaan maka saatnya mencari tahu tentang siapa user dan bagaimana user tersebut yang akan menjadi user interview. Biasanya perusahaan dapat memberikan undangan interview beserta nama si pewawancara untuk kabar baiknya. Hal ini adalah kesempatan emas dan tidak boleh untuk disia-sia kan kesempatan ini untuk menggali semua informasi secara mendetail tentang user yang bisa dilakukan melalui internet ataupun rekan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Praktik Latihan Depan Cermin Dalam Menjawab Pertanyaan

Latihan praktik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ketika interview user ini sering kali dinilai sepele oleh calon kandidat. Apabila di pelajari untuk dipraktikkan maka hal ini sangatlah membantu untuk meningkatkan tingkat kepercayaan diri.

Dengan demikian akan tahu mimik wajah ketika menjawab berbagai pertanyaan apakah nada bicara dan intonasi sudah benar. Semuanya akan terlihat pada saat sedang mempraktikkannya pada depan cermin.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat sedang melamar pekerjaan pada posisi lowongan kerja yang diminati.