Tips Memilih Importir Produk China Yang Bagus

Tips

Saat ini jasa import China menjadi hal yang paling dicari pemilik toko online. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir ini minat masyarakat terhadap penjualan di marketplace mengalami peningkatan yang luar biasa. Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya kemudahan akses internet serta pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Tips Memilih Jasa Import Terbaik

Salah satu kunci yang dinilai sebagai keberhasilan dalam menjalankan bisnis di marketplace khususnya bisnis online yaitu pemilihan jasa import yang tepat terutama yang berasal dari China. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin memulai bisnis online ini ketahui lebih lanjut tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih jasa import yang tepat.

1. Memilih ekspedisi yang terpercaya

Seperti yang diketahui saat ini sudah banyak sekali layanan ekspedisi dengan menawarkan jasa import barang dari China yang kian menjamur. Namun hal yang menjadi pertanyaan apakah semua layanan ekspedisi itu sudah dipastikan kualitas dan keamanannya?

Importir yang baik serta berkualitas pasti akan selalu memastikan jaminan terhadap keamanan barang yang dikirim. Oleh karena itu tips yang diberikan adalah carilah jasa impor yang bisa memberikan asuransi maupun jaminan keamanan tertinggi supaya Anda tidak perlu lagi merasa khawatir ketika mengirim barang dari China. Untuk mengetahui apakah jasa import tersebut terpercaya atau tidak bisa dilakukan dengan mengecek keabsahan legalitas jasa impor.

Pastikan bahwa jasa import tersebut mempunyai badan hukum yang sah ataupun terdaftar pada instansi terkait. Contohnya terdaftar pada Kementerian Perdagangan dan Bea Cukai. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya masalah hukum di masa depan.

2. Mempertimbangkan biaya yang ditawarkan

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa import China adalah mempertimbangkan biayanya. Seperti yang diketahui aspek yang satu ini sangat penting. Dengan banyaknya layanan yang menawarkan jasa import membuat Anda harus menghitung secara cermat layanan mana yang mempunyai harga paling terjangkau.

Selain itu Anda juga perlu memastikan bahwa biaya yang ditawarkan oleh jasa import ini semuanya mempunyai rincian yang transparan. Anda juga tidak perlu ragu dalam meminta garansi ketika Anda merasa biaya yang dibayarkan ini tidak sesuai dengan transaksi sebelumnya.

Pertimbangan harga maupun biaya pengiriman ini jangan hanya dilihat dari segi harga murahnya saja. Selain itu perhatikan juga pada layanan maupun aturan dan kesepakatan yang dibuat. Jangan sampai harga dianggap sangat murah dan membuat Anda tergiur justru akan merugikan Anda.

Sebaliknya Anda bisa menyesuaikan harga dengan budget yang dimiliki. Sebagus apa pun layanannya apabila tidak mempunyai budget untuk hal tersebut tentu Anda tidak bisa menggunakan penyedia jasa tersebut. Ingatlah bahwa tujuan Anda melakukan usaha bisnis ini adalah untuk mencari keuntungan.

Jadi jangan sampai Anda rela menggunakan layanan di luar budget maupun anggaran pengeluaran yang justru bisa membuat Anda rugi serta perkembangan usaha menjadi terhambat.

Tidak hanya mengecek biayanya saja namun Anda juga harus memperhatikan waktu pengiriman yang ditawarkan supaya Anda tidak mengecewakan konsumen Anda sendiri. Pastikan bahwa Anda telah memilih jasa import yang tepat sehingga semua pengiriman yang dilakukan tepat waktu.

Baca juga : Keuntungan Memanfaatkan Jasa Import China

3. Memiliki minimal pengiriman rendah

Selanjutnya Anda juga wajib mempertanyakan apakah jasa import tersebut memiliki minimal jumlah pengiriman barang? Hal tersebut karena biasanya kebanyakan jasa impor hanya menerima pesanan dengan jumlah yang banyak atau berkapasitas besar saja. Jadi jika Anda menginginkan untuk melakukan pengiriman barang dalam jumlah yang sedikit Anda tentu memerlukan jasa import yang menerima layanan tersebut bukan?

Hal ini tentu berlaku juga bagi Anda pebisnis online pemula yang ingin memulai menyetok barang dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Oleh karena itu dalam memilih jasa import yang tepat pilihlah jasa yang menerima layanan pengiriman dengan minimal pengiriman yang rendah.

4. Menyediakan layanan pelanggan

Pastikan juga bahwa jasa import menyediakan layanan pelanggan dalam memenuhi semua kebutuhan logistik Anda. Hal tersebut disebabkan supaya Anda merasa lebih mudah apabila ingin berkonsultasi maupun bertanya. Apalagi jika hal ini merupakan pertama kalinya Anda melakukan pengiriman barang dari China.

Dengan menyediakan layanan pelanggan, hal ini membuktikan bahwa jasa import selalu mengedepankan kepuasan pelanggan. Ya, dengan adanya layanan pelanggan berarti jasa import selalu memastikan supaya setiap pelanggan merasa kebutuhannya selalu terpenuhi.

Hal ini bisa Anda ketahui dengan mencoba menanyakan beberapa pertanyaan baik itu tentang proses import maupun kualitas respons yang diberikan. Umumnya jasa import memiliki beberapa kontak saluran yang bisa dihubungi seperti WhatsApp maupun email.

5. Memastikan jasa impor sudah memiliki pengalaman

Seperti yang diketahui saat ini sudah ada ratusan bahkan sudah mencapai ribuan layanan ekspedisi yang siap membantu dalam hal import barang. Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah pastikan bahwa baik jasa import maupun ekspedisi yang digunakan ini sudah berpengalaman serta mempunyai reputasi baik. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak akan tertipu.

Anda tentu mengetahui bahwa seiring banyaknya jasa import maupun layanan ekspedisi yang ada juga terdapat cukup banyak kasus penipuan dalam hal pengiriman barang. Contohnya pelanggan telah membayar jasa tetapi barang yang diimpor tidak sampai ke tempat tujuan.

Anda tentu tidak menginginkan hal ini bukan? Oleh karena itu tips yang diberikan ini harus benar-benar dilakukan supaya Anda tidak merugi dan tertipu.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih jasa import China yang tepat. Semoga bermanfaat.