Tips Jitu Cari Kerja di Jakarta

Tips

Jakarta sebagai salah satu ibu kota paling maju di Indonesia menjadi target utama bagi para pencari kerja. Tidak terkecuali bagi remaja maupun fresh graduate dari berbagai daerah di luar Jakarta. Nah bagi kalian yang hendak melamar pekerjaan dan berasal dari luar daerah sebaiknya menyewa kost eksklusif Jakarta Pusat.

Bekerja di Jakarta itu Sulit

Jakarta tidak hanya terkenal dengan tempat kerja yang menjanjikan pengalaman dan penghasilan yang luar biasa, namun juga merupakan kota tersibuk dan terpadat di Indonesia. Pada kenyataannya mencari kerja di Jakarta tidak semudah yang dibayangkan, Anda pun harus bersaing dengan ribuan pelamar kerja lainnya.

Hidup di Jakarta berbeda dengan hidup di daerah lain, sebab biaya hidup di Jakarta bisa dibilang cukup tinggi. Selain itu, banyak pula faktor penyebab bekerja di Jakarta terasa sulit bagi sebagian orang seperti faktor lingkungan dan faktor sosial. Anda perlu memiliki persiapan yang matang sebelum mencari pekerjaan di Jakarta.

Tips Hindari Pengalaman Buruk Bekerja Di Jakarta

Jika Anda sudah mantap untuk merantau dan mencari pekerjaan di Jakarta. Maka Anda perlu mencari tahu informasi yang lengkap seputar persiapan yang harus Anda lakukan. Sebab tidak sedikit para pencari kerja yang mendapatkan pengalaman buruk saat mencari kerja di Jakarta. Beberapa tips berikut ini akan memberikan gambaran agar Anda dapat melakukan persiapan sebelum merantau ke Jakarta:

  1. Persiapkan Tempat Tinggal

Bagi penduduk asli Jakarta pasti telah memiliki tempat tinggal sehingga tidak perlu lagi mencari tempat tinggal selama bekerja. Namun bagi para pendatang dari luar daerah tentu perlu mencari tempat tinggal yang nyaman untuk ditempati. Anda dapat menyewa kost eksklusif Jakarta Pusat sebagai salah satu pilihan untuk tempat tinggal.

Usahakan mencari tempat tinggal yang berada dekat dengan tempat kerja dan kantor Anda. Sebab Anda akan menghemat biaya transportasi dan tidak perlu merasakan hiruk pikuk dari kemacetan Jakarta. Selain itu, Anda dapat berjalan kaki menuju tempat kerja memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Persiapkan Mental

Selain mempersiapkan keperluan untuk melamar pekerjaan seperti CV dan data penting, Anda juga perlu menyiapkan mental. Bekerja di Jakarta tidak cocok untuk orang dengan “mental tempe” atau istilah lainnya orang yang tidak kuat menghadapi berbagai tekanan. Pasalnya bekerja di Jakarta memerlukan semangat yang besar dan kerja keras untuk menghadapi berbagai tekanan dalam pekerjaan.

Sebelum Anda memutuskan untuk melamar pekerjaan dan merantau ke Jakarta sebaiknya persiapkan mental terlebih dahulu. Kuatkan tekad Anda untuk bekerja agar Anda tidak merasa bahwa mencari pekerjaan di Jakarta adalah pengalaman yang buruk.

  1. Kenali Transportasi Umum

Jika Anda tidak dapat menemukan tempat tinggal atau kost yang terdekat dengan lokasi kantor Anda, maka Anda perlu mengetahui transportasi umum di Jakarta. Transportasi umum di Jakarta sendiri seperti Trans Jakarta, KRL, MRT, dan Kopaja. Anda perlu mengetahui dengan baik setiap rute dari transportasi umum agar tidak tersesat atau menggunakan transportasi yang salah.

  1. Mencari Teman Yang Banyak

Jika Anda seorang pendatang, maka Anda perlu mencari teman dengan sebanyak mungkin. Dengan memiliki teman, Anda dapat saling berbagai dan saling membantu saat dibutuhkan. Anda juga dapat menghemat biaya kost bila mendapatkan teman sharing untuk menyewa Kost Eksklusif Jakarta Pusat. Namun Anda juga perlu selektif dalam memilih teman.