Poin Penting Mengatur Keuangan Pesantren Atau Sekolah

Pengalaman

Yang namanya sekolah ataupun juga pesantren memang harus sekali mengatur keuangan mereka dengan baik dan benar. Salah satu cara untuk mengatur keuangan itu adalah dengan menggunakan sistem informasi pesantren ataupun juga sekolah. Dengan sistem informasi tersebut, maka kita akan bisa mengatur keuangan pesantren dengan lebih mudah agar supaya lebih amanah. Nah berikut ini kami akan jelaskan apa saja poin penting mengatur keuangan sehingga dibutuhkan sistem informasi tersebut demi kelancaran kegiatan pesantren.

Bisa Merencanakan Kegiatan Dengan Lebih Baik

Poin penting pertama adalah dengan mengatur keuangan, maka kita akan bisa membuat kegiatan pesantren itu dengan lebih baik. Ini terjadi karena kita tahu dana yang dimiliki itu ada berapa dan itu bisa diketahui secara real time bila menggunakan sistem informasi. Dengan begitu kita bisa memperkirakan dana yang dibutuhkan dengan lebih rinci dan detail dan bisa membuat kegiatan sesuai dengan dana yang dimiliki. Sehingga perencanaan kegiatan itu lebih mudah dilakukan dengan sekaligus dana yang dibutuhkan itu cukup atau tidak.

Tidak Ada Kebutuhan Yang Terlewat

Apabila menggunakan sistem informasi, maka bisa dibilang tidak ada kebutuhan dari pesantren ataupun sekolah yang akan terlewat. Apabila kita mengatur keuangan dengan baik, maka setiap kebutuhan yang diperlukan oleh pesantren itu akan bisa sangat terukur. Sehingga tidak akan ada yang namanya kekurangan, karena kita sudah mengatur keuangan. Jadi bisa dibilang ada cukup banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan bila menata keuangan dengan menggunakan sistem informasi pesantren ini.

Keuntungan yang pertama yang membuat kebutuhan itu tidak akan ada yang terlewat adalah karena sudah ada data santri. Karena sistem informasi sudah terintegrasi dengan tata usaha dan lain sebagainya dengan keuangan, sehingga lebih mudah mengetahuinya. Dengan terintegrasi tersebut, maka kita tahu berapa banyak kebutuhan dari pesantren tersebut untuk memenuhi kebutuhan para santri. Sehingga ini pun akan bisa disesuaikan dengan dana yang ada dan akan otomatis tercatat biaya yang diperlukan.

Mengetahui Perkembangan Pesantren

Apabila kita melakukan penataan pada keuangan di pesantren dan juga mungkin di sekolah, kita akan tahu kalau ada perkembangan. Karena dengan adanya penataan keuangan, maka sudah pasti output dari penataan tersebut adalah adanya laporan keuangan. Laporan keuangan itu secara otomatis akan keluar secara berkala apabila kita melakukan penataan keuangan ini dengan baik dan disiplin. Dan laporan keuangan itu bisa dilakukan dengan mudah dengan sistem informasi pesantren.

Penggunaan Uang Lebih Efektif

Poin penting berikutnya bila kita menata keuangan pesantren dan juga sekolah adalah penggunaan uang pun akan jadi lebih efektif. Banyak sekali sekolah yang menggunakan uang secara sembrono, sehingga akhirnya tidak terlalu jelas pengeluaran uangnya itu untuk apa saja. Berbeda sekali apabila kita berencana untuk melakukan penataan keuangan ini, karena sudah pasti akan ada daftar pengeluaran setiap bulannya. Nah dari daftar tersebut kita akan bisa menggunakan uang dengan jauh lebih efektif.

Bisa Mengembangkan Pesantren Atau Sekolah

Poin penting terakhir yang akan kami bahas adalah soal pengembangan pesantren dan atau sekolah bila ada penataan keuangan. Bila uang tertata, kami jelaskan sebelumnya kalau pengeluaran akan lebih efektif dan lebih tepat pada sasaran. Sangat mungkin akan ada uang tersisa karena efektivitas penggunaan uang tersebut, dan bisa dipakai untuk mengembangkan sekolah. Jadi itulah pentingnya mengatur keuangan dengan menggunakan sistem informasi pesantren.