Berbagi Pengalaman Dapatkan Gaji Pertama Kali

Pengalaman

Di antara sekian banyak orang, apakah Anda termasuk salah satu orang yang selalu terkenang dengan pengalaman mendapatkan gaji untuk pertama kalinya? Lalu apakah Anda ingat gaji pertama tersebut Anda belikan apa? Apakah gaji yang Anda terima sudah sesuai dengan UMR yang berlaku di kota Anda? Puaskah Anda dengan gaji yang Anda terima tersebut?

Penuhi Kebutuhan Penting Saat Terima Gaji Pertama

Banyak orang yang tak menyadari bahwa penggunaan gaji pertama rupanya cukup berpengaruh pada kelanjutan pengaturan keuangan berikutnya. Bahwa jika Anda menggunakannya untuk hal yang penting, maka itu berarti Anda sudah bisa mengatur keuangan Anda dan memilah mana yang penting dan mana yang tidak. Berikut beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu setelah menerima gaji pertama.

  1. Untuk membeli keperluan bekerja

Beberapa pekerjaan memerlukan kebutuhan khusus sehingga Anda perlu membelinya setelah Anda menerima gaji. Berbagai kebutuhan seperti baju, tas dan sepatu khusus bekerja tentunya harus diperhatikan dengan baik agar supaya Anda pun bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Jika gaji Anda sesuai dengan UMR rata-rata maka biasanya bisa digunakan dengan lebih maksimal jika sebelumnya Anda sudah memiliki perencanaan yang benar.

  1. Untuk orang tua atau anak

Hal yang kedua adalah dengan memberikannya kepada orang tua sebagai tanda bakti pada anak. Meski mungkin yang diberikan tak seberapa. Namun orang tua pastinya senang dan bersyukur karena anaknya sudah bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

Atau jika Anda sudah punya anak, maka Anda bisa memberikannya pada anak dengan membelikannya kebutuhan hariannya atau membelikan peralatan sekolah. Yang pasti jauh lebih bermanfaat.

  1. Untuk sodaqoh

Jangan lupa bahwa dalam rejeki Anda ada sebagian hak milik orang lain. Oleh karena itu Anda perlu menyisihkan beberapa bagian untuk diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan yang ada di sekitar lingkungan Anda. Anda bisa memberikan sodaqoh dalam bentuk uang ataupun diwujudkan barang sesuai dengan kemampuan Anda.

  1. Bayar hutang

Lakukan hal ini terlebih dahulu jika Anda memiliki hutang. Karena hal ini termasuk yang wajib untuk dilakukan. Hindari menumpuk hutang jika sebenarnya Anda sudah mampu untuk membayarnya.

  1. Untuk investasi

Dan yang terakhir adalah simpan beberapa rupiah untuk ditabung. Atau Anda bisa juga menyimpannya dalam bentuk investasi emas seperti minigold yang saat ini banyak yang melakukannya. Memiliki investasi emas terbilang lebih aman karena harga emas cenderung stabil bahkan naik daripada harga nilai mata uang. Simpan sedikit demi sedikit jika di awal bekerja gaji Anda belum sesuai UMR yang berlaku.

Adakah Cara Agar Supaya Keuangan Bisa Tertata Dengan Rapi?

Agar supaya keuangan Anda tertata dengan rapi sehingga tetap seimbang antara pemasukan dan pengeluaran maka Anda harus menetapkan perencanaan keuangan jangka panjang. Tak perlu muluk-muluk membuat perencanaan keuangan seperti yang dilakukan para ahli keuangan. Cukup dengan memiliki beberapa pos khusus untuk keuangan sehingga Anda mempunyai target khusus yang harus dipenuhi setelah memiliki penghasilan sendiri.

Pastikan memiliki tabungan dan usahakan untuk tidak mengambilnya terkecuali sangat membutuhkan. Beberapa jenis tabungan kini ada yang bisa membantu Anda untuk melakukan perencanaan khusus terkait masa depan.

Seperti tabungan untuk menikah, untuk membangun rumah, untuk membeli kendaraan atau untuk membangun usaha. Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar mengelola keuangan setelah memiliki penghasilan. Informasi didapat sesuai dengan pengalaman banyak orang setelah menerima gaji pertama. Semoga gaji Anda selalu berkah dan sesuai dengan UMR yang ada di kota Anda.