4 Cara Amankan WhatsApp Agar Tak Mudah Dibajak

Tips

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pengiriman pesan yang sangat populer saat ini. Selain mudah digunakan, layanan pesan WhatsApp ini juga memiliki beberapa fitur yang akan membuat Anda lebih eksis di medsos. Meskipun kerap diterpa isu keamanan seperti Social Spy WhatsApp, nyatanya aplikasi ini masih menjadi salah satu aplikasi paling populer.

Apa Itu Social Spy?

Anda pernah mendengar aplikasi ataupun website social spy? Sesuai namanya, aplikasi ini dapat menjadi sebuah mata-mata bagi Anda yang kepo dengan isi chat seseorang. Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk menyadap akun WhatsApp seseorang, baik dari history chat, panggilan, bahkan isi percakapan yang dimiliki.

Mengamankan Akun WhatsApp

Saking banyaknya hal yang dapat diketahui, tentunya privasi seseorang pada media sosial ini menjadi terganggu. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk senantiasa menjalankan sistem keamanan tertentu yang sebenarnya sudah disediakan oleh pihak WhatsApp. Adapun cara pengamanan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Memanfaatkan fitur Verifikasi Dua Langkah

WhatsApp memiliki fitur verifikasi dua langkah atau two-step verification yang dapat Anda gunakan untuk melindungi akun dari para peretas pengguna Social Spy WhatsApp. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan pengamanan tambahan dengan cara memasukkan enam kode digit angka sebagai bagian dari verifikasi nomor telepon.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa langsung meng-klik menu Pengaturan, kemudian pilih Akun. Selanjutnya, klik Verifikasi Dua Langkah lalu aktifkan. Anda akan diminta memasukkan kode digit angka yang akan digunakan kemudian saat masuk ke akun WhatsApp.

  • Menggunakan WhatsApp versi web

Anda yang ingin mengetahui apakah WhatsApp diretas, dapat menggunakan WhatsApp versi website. Pertama, pastikan terlebih dahulu apakah Anda sudah me-logout dan keluar dari akun web Anda. Selanjutnya, Anda bisa langsung masuk kembali ke dalam akun WhatsApp web tersebut.

Jika bisa masuk kembali tanpa men-scan barcode, Anda patut curiga. Apalagi jika ada pemberitahuan terkait dengan usaha seseorang masuk ke akun Anda, maka itu tandanya seseorang mencoba membajak akun WhatsApp Anda.

  • Jangan klik link apapun yang mencurigakan

Anda pernah mendapatkan pesan berantai maupun pesan pribadi yang berisi link tertentu? Jika iya, jangan asal klik link tersebut tanpa mengetahui kebenaran dan kesahihannya. Apalagi, saat ini banyak upaya Social Spy WhatsApp yang dilakukan oleh beberapa oknum dengan tujuan untuk membajak akun WhatsApp seseorang.

Rumornya, saat ini WhatsApp tengah mengerjakan sebuah fitur untuk menentukan apakah suatu link terlihat mencurigakan atau tidak. Meskipun kabar tersebut belum tentu benar, namun sebaiknya Anda perlu selalu waspada dengan link apapun yang memang mencurigakan.

  • Menggunakan aplikasi Whatslock

Anda juga dapat memanfaatkan sebuah aplikasi bernama Whatslock yang dapat di-download langsung dari Play Store. Di aplikasi ini, Anda dapat mengamankan akun WhatsApp menggunakan sandi yang terlihat rumit dan hanya Anda yang dapat mengetahuinya. Kata sandi inilah yang akan digunakan ketika Anda membuka WhatsApp.

Dengan adanya aplikasi ini, Anda dapat mencegah orang lain untuk bisa menyadap dan meretas WhatsApp pribadi Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengunci aplikasi lain untuk melindungi privasi seperti Galeri, Kontak, dan beberapa aplikasi media sosial lainnya. Dengan begitu, semua akun pribadi Anda akan lebih aman untuk digunakan.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari penyadapan akibat penggunaan Social Spy WhatsApp. Semoga senantiasa bermanfaat, selamat mencoba!