Cara Merawat Alat Elektronik Agar Awet

Tips

Manusia di era modern ini hampir setiap harinya selalu menggunakan alat-alat elektronik untuk berbagai aktivitas. Ada banyak sekali peralatan elektronik mulai dari yang sederhana hingga peralatan elektronik canggih yang menggunakan sensor gerak, sensor cahaya, sensor panas, dan lain sebagainya. Peralatan elektronik tentunya membutuhkan perawatan khusus, agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Cara Merawat Alat Elektronik

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat peralatan elektronik :

  1. Tutup Dengan Pembungkus

Kamu bisa menggunakan pembungkus khusus untuk menutup alat elektronik. Jika alat elektronik sedang tidak kamu gunakan, maka kamu harus menutupnya dengan pembungkus. Dengan melakukan hal itu nantinya debu tidak akan masuk ke dalam alat elektronik yang kamu miliki. Debu bisa menyumbat saluran pembuangan panas dari alat elektronik, sehingga bisa menyebabkan alat elektronik mudah panas. Jika sudah seperti ini biasanya alat elektronik akan mudah rusak.

  1. Bersihkan Alat Elektronik

Kamu harus rajin membersihkan alat elektronik jika sudah nampak kotor. Dengan membersihkan debu dan kotoran yang menempel di alat elektronik, tentunya akan mengurangi potensi masuknya debu dan kotoran ke dalam alat elektronik. Selain itu kamu juga akan menjaga tampilan dari alat elektronik agar selalu nampak bersih.

  1. Gunakan Cairan Pembersih Khusus Untuk Membersihkan LCD

Kamu harus menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan LCD dari kotoran yang sudah menempel. Dengan menggunakan cairan pembersih khusus nantinya LCD kamu tidak akan lecet dan potensi rusaknya LCD akibat gesekan akan semakin kecil. Kamu juga harus menggunakan lap yang permukaannya halus untuk membersihkan LCD.

  1. Batasi Penggunaan Alat Elektronik

Kamu harus membatasi penggunaan alat elektronik setiap harinya. Kamu tidak boleh menggunakan alat elektronik dalam waktu yang terlalu, karena hal tersebut bisa saja membuat alat elektronik mudah rusak. Gunakan alat elektronik dalam durasi yang wajar dan berikan waktu istirahat sebelum kamu akan menggunakan alat elektronik lagi.

  1. Hindarkan Dari Tempat Lembab

Kamu harus menjauhkan alat elektronik dari tempat yang lembab, karena tempat yang lembab bisa membuat alat elektronik cepat rusak. Tempat yang lembab bisa merusak sensor cahaya, sensor panas, dan sensor jenis lain yang terdapat pada alat elektronik canggih. Maka dari itu kamu harus berhati-hati dalam menempatkan alat elektronik.

  1. Hindarkan Dari Tempat Panas

Kamu harus menjauhkan alat elektronik dari tempat yang panas, karena tempat yang panas bisa membuat alat elektronik cepat rusak. Tempat yang panas akan menyebabkan berbagai komponen yang ada di dalam alat elektronik menjadi mudah rusak. Jadi kamu harus benar-benar memastikan tempat yang kamu gunakan untuk meletakkan alat elektronik berada pada suhu yang tidak terlalu panas.

 

Itulah beberapa cara untuk merawat alat elektronik agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selanjutnya mari kita pahami mekanisme kerja beberapa sensor pada alat elektronik canggih.

Mekanisme Kerja Sensor

Berikut ini adalah mekanisme kerja dari sensor yang terdapat pada alat elektronik canggih :

  1. Sensor Panas

Dengan bantuan sensor panas, nantinya alat elektronik akan beroperasi secara otomatis jika suhu di sekitar alat elektronik cukup tinggi.

  1. Sensor Suara

Alat elektronik akan beroperasi secara otomatis jika ada suara dengan volume tertentu.

  1. Sensor Sinar

Sensor sinar atau sensor cahaya akan membuat alat elektronik beroperasi secara otomatis ketika gelap.

Itulah mekanisme kerja dari sensor yang ada pada alat elektronik canggih. Dengan adanya sensor tersebut, saat ini alat elektronik menjadi lebih canggih.