Tips Memilih Sekolah Umum atau Homeschooling

Tips

Saat ini banyak orang tua yang berlomba-lomba untuk bisa menyekolahkan anaknya ke sekolahan terbaik, hal ini karena orang tua berpendapat baik tidaknya sekolah akan menjamin masa depan anak. Saat ini banyak sekolah yang menawarkan berbagai keunggulan, sehingga membuat orang tua bingung menentukan sekolah terbaik untuk anaknya, terlebih lagi saat ini banyak bermunculan homeschooling di Jakarta yang memiliki pendidikan yang berkualitas. Untuk bisa mengatasi kebingungan tersebut, berikut ini ialah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menentukan apakah anak kita lebih cocok di sekolah umum ataupun homeschooling. Yuk simak artikel berikut!

Perbedaan Antara Sekolah Umum dengan Homeschooling 

Tips untuk kita bisa menentukan antara sekolah umum atau homeschooling ialah dengan mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Adapun beberapa perbedaannya yaitu:

  • Sistem pembelajaran

Sistem pembelajaran yang dilakukan di sekolahan umum ini biasanya akan disesuaikan dengan pembelajaran yang telah ditentukan oleh pihak sekolah atau Kementerian Pendidikan. Sedangkan untuk sistem pembelajaran Homeschooling ini lebih bersifat fleksibel karena orang tua bisa menentukan sendiri subjek-subjek pembelajaran yang akan dipelajari oleh anak, sehingga pembelajaran akan lebih fokus pada subjek yang anak sukai.

  • Penerapan ilmu

Untuk dari segi penerapan ilmu, maka anak pada sekolah umum cenderung lebih pasif karena fokus guru biasanya akan terbagi untuk banyak siswa. Hal ini berbeda dengan Homeschooling yang biasanya satu guru akan mengajar satu murid, dengan begitu guru akan lebih fokus dalam memberikan pelajaran ke siswa tersebut.

  • Biaya

Biaya homeschooling di Jakarta terkenal relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya untuk sekolah umum. Hanya saja biaya yang dikeluarkan untuk sekolah umum biasanya digunakan untuk keperluan sekolah seperti membangun infrastruktur ataupun menggaji guru. Sedangkan untuk Homeschooling biaya akan disesuaikan dengan apa yang dipelajari, sehingga orang tua bisa menganggarkan biaya pendidikan sesuai dengan kebutuhan anak.

  • Lingkungan belajar

Dalam memilih sekolah kita perlu memperhatikan lingkungan belajar. Hal ini karena lingkungan belajar sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak serta masa depan anak. Pada sekolah umum biasanya segala fasilitas sekolah digunakan secara bersama-sama bersama teman sehingga bisa memperluas pertemanan. Sedangkan untuk homeschooling biasanya ruangan dan tempat duduk di siapkan sendiri sehingga pembelajaran akan lebih privat dan lebih fokus pada perkembangan anak.

Beberapa Tips untuk Menentukan Antara Sekolah Umum dan Homeschooling

Dengan mengetahui berbagai perbedaan antara sekolah umum dengan homeschooling, maka kita sebagai orang tua pasti sudah bisa menentukan pilihan sesuai dengan tujuan pendidikan dan keinginan kita. selain itu, ada juga beberapa tips lainnya yang digunakan untuk memilih sekolah umum atau homeschooling, yaitu:

  • Jangan menjadikan biaya sebagai alasan

Dalam memilih sekolah terbaik maka tips yang perlu dilakukan ialah tidak menjadikan biaya sebagai alasan untuk menyekolahkan anak. Hal ini karena besarnya biaya akan sebanding dengan kualitas yang didapatkan oleh anak, sehingga kita sebagai orang tua tidak boleh sayang mengeluarkan duit untuk anak.

  • Memilih program belajar terbaik

Selain biaya, kita juga perlu memilih program belajar terbaik yang cocok untuk anak kita, setiap anak memiliki kecocokan yang berbeda-beda, sehingga kita perlu menyesuaikan program belajar sesuai dengan kecocokan pada anak. Apabila anak kita lebih cocok belajar secara privat maka homeschooling bisa dijadikan sebagai solusi.

  • Rekam jejak sekolah atau homeschooling

Selain beberapa tips di atas, kita juga perlu mengetahui rekam jejak sekolah umum ataupun homeschooling untuk menentukan sekolah yang terbaik untuk anak. Sekolah yang memiliki rekam jejak yang paling baik perlu kita pertimbangkan untuk sekolah anak. Hal ini karena adanya rekam jejak sangat mempengaruhi baik tidaknya suatu sekolah, sehingga kita sangat perlu memperhatikan rekam jejaknya.

Demikian beberapa informasi terkait perbedaan dari sekolah umum dan homeschooling di Jakarta serta beberapa tips yang bisa digunakan untuk menentukan sekolah anak terbaik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi orang tua yang sedang bingung menentukan apakah anaknya akan di sekolahkan di sekolah umum atau homeschooling yang saat ini sedang merebak di tanak air.