Pengalaman Sering Ditolak Saat Melamar Kerja

Pengalaman

Pengalaman sering ditolak saat melamar pekerjaan akan membuat Anda merasa kecewa, jadi segeralah bangkit dan perbaiki CV lamaran kerja. Gagal memperoleh pekerjaan memang tidak hanya terjadi pada Anda saja karena banyak orang lainnya yang mengalami hal sama. Apalagi Anda gagal memperoleh pekerjaan yang sudah jadi impian sejak lama.

Janganlah meratapinya terus menerus karena bisa memberikan efek buruk bagi kondisi kesehatan dan mental Anda. Anda harus berpikir bisa mendapatkan pekerjaan yang layak meskipun sebelumnya mengalami beberapa kali penolakan. Nah, di bawah ini adalah tips mengatasi kekecewaan karena sudah banyak mengalami pengalaman sering ditolak saat melamar pekerjaan.

Tips Mengatasi Kekecewaan Saat Ditolak Kerja

Bagi Anda yang memiliki pengalaman banyak ditolak saat melamar kerja segeralah bangkit dan ikuti tipsnya di bawah ini :

  • Mengumpulkan Energi Positif

Hal pertama yang perlu Anda lakukan supaya bisa bangkit dari penolakan kerja yang sering terjadi adalah mulai mengumpulkan energi positif. Sebaiknya jangan terus menerus berada di dalam situasi terpuruk karena ditolak dari perusahaan impian Anda. Berusahalah mengumpulkan energi positif dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah mencoba berinteraksi dengan teman-teman supaya Anda tidak stress. Hindari mengurung diri di kamar karena merasa terpuruk atas kegagalan yang sering dialami dalam mencari pekerjaan. Usahakan mencari kegiatan yang bermanfaat dan positif untuk membuat Anda lebih bersemangat.

  • Hindari Terlalu Overthinking

Hindari terlalu overthinking saat mendapatkan penolakan kerja, meskipun Anda merasa kecewa. Jangan menyalahkan diri sendiri dan terlalu dipikirkan sehingga akan membuat Anda semakin stress. Terlalu tenggelam dalam kekecewaan karena mengalami banyak pengalaman penolakan kerja akan membuat hidupmu semakin terpuruk.

Apabila pikiran-pikiran negatif muncul Anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti menonton film, hangout dengan teman, liburan dengan keluarga, olahraga dan jenis kegiatan lainnya yang positif.

  • Meningkatkan Kualitas Diri

Salah satu cara terbaik untuk bisa bangkit dari keterpurukan sering ditolak saat melamar kerja adalah dengan meningkatkan kualitas diri. Anda harus mencari tahu apa feedback dari perusahaan yang menolak Anda sebagai kandidat di sana. Pada saat ditolak perusahaan, bisa menanyakan bagaimana cara memperbaiki diri pada saat interview dan kualifikasi yang perlu dipelajari.

Anda harus bisa belajar dari pengalaman selama mendapatkan penolakan kerja untuk meningkatkan kualitas diri. Percayalah bahwa tidak ada manusia yang sempurna, namun Anda bisa memperbaiki diri supaya lebih baik. Dengan melihat kekurangan yang ada pada diri Anda, selanjutnya dapat diperbaiki.

  • Move On

Setelah mendapatkan penolakan pekerjaan dari perusahaan segeralah move on. Masih ada banyak kesempatan kerja yang bisa Anda dapatkan, meskipun harus bersabar untuk mendapatkannya. Jangan berlama-lama meratapi kegagalan yang pernah Anda dapatkan dan berusaha untuk move on.

Anda perlu fokus untuk mengejar karier di masa depan dan jangan sampai menutup diri hanya karena satu perusahaan saja. Yakinlah bahwa masih ada perusahaan lain yang menerima Anda. Sekarang Anda berusaha memperbaiki CV lamaran kerja agar lebih menarik dan dilirik oleh perusahaan.

  • Menurunkan Ekspektasi dan Berpikir Realistis

Pada saat melamar pekerjaan di salah satu bidang yang Anda kuasai dan sudah memiliki banyak pengalaman pasti akan lebih merasa percaya diri dan berekspektasi akan diterima. Pada kenyataannya, segala sesuatunya tidak dapat ditebak dan bisa saja lamaran kerja Anda ditolak oleh perusahaan.

Nah, salah satu hal yang perlu Anda tanamkan saat melamar pekerjaan adalah menurunkan ekspektasi dan berpikir realistis. Sebab apa pun bisa terjadi tanpa kita duga sehingga harus bersiap jika yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan ekspektasinya. Pada akhirnya Anda akan merasa kecewa jika tidak sesuai dengan ekspektasi nantinya.

  • Mengubah  

Berusalah untuk mengubah perspektif Anda untuk tidak menyalahkan diri sendiri. Saat ditolak kerja jangan sampai Anda merasa tidak layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut sehingga menjadi patah semangat. Meskipun pengalaman ditolak pekerjaan cukup banyak, sebaiknya tidak jadi alasan untuk menyalahkan diri sendiri dan patah semangatnya.

Anda harus ingat masih memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan lain di tempat yang lain juga. Kegagalan yang sering Anda alami sebaiknya bisa menjadi motivasi untuk belajar dari pengalaman yang dimiliki.

  • Istirahat

Istirahatlah sejenak setelah cukup lama mencari pekerjaan dan tidak kunjung mendapatkannya. Sebagai manusia biasa tentunya membutuhkan istirahat supaya tubuh dan pikiran Anda tidak lelah. Istirahat sejenak untuk tidak terlalu mengejar pekerjaan yang Anda inginkan.

Anda juga perlu waktu istirahat sambil menenangkan pikiran yang sedang terganggu karena mengalami banyak kekecewaan. Pada saat memiliki banyak pikiran akan cenderung mempengaruhi kualitas tidur Anda. Sekarang Anda harus memperbaiki pola tidur yang baik untuk mempersiapkan fisik dan mental mencari pekerjaan lagi.

  • Percaya dengan Usaha Tidak Mengkhianati Hasil

Percayalah bahwa usaha tidak pernah mengkhianati hasilnya. Anda harus yakin bahwa semua usaha yang sudah Anda lakukan selama ini untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan akan segera terwujud. Kegagalan yang terjadi di hidup sepenuhnya bukan salah Anda sehingga harus percaya nantinya akan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan.

Anda hanya perlu terus berusaha dan yakin pasti bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Usahakan mencari banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skill dan pengalaman yang sudah Anda dapatkan.

Seperti itulah tips mengatasi kekecewaan ditolak pekerjaan dan sekarang waktunya Anda memperbaiki CV lamaran kerja agar lebih baik dan menarik sehingga dapat dilirik perusahaan.