Pengalaman Menjadi Social Media Creator

Pengalaman


Tahukah Anda apa itu Social Media Creator? Social Media Creator bisa juga disebut conten creator. Jika disederhanakan menggunakan bahasa yang dapat dipahami yaitu seseorang yang membuat konten untuk dibagikan ke berbagai platform seperti Instagram, Facebook, Youtube dan TikTok.

Selain sebagai pembuat konten, conten creator juga memiliki fungsi sebagai marketing. Seperti halnya konten Instagram yang menggunakan nama username IG aesthetic.

Adapun jika Anda ingin memperdalam sebagai conten creator, Anda membutuhkan beberapa skill yaitu:

  1. Fokuskan Diri Ke Bidang Tertentu Yang Diminati

Sebagai social media creator ada banyak ilmu yang bisa Anda kuasai. Namun supaya Anda bisa fokus dan tidak pusing nantinya, Anda bisa pilih satu ilmu tertentu yang Anda kuasai. Jika kamu seorang psikolog, kamu bisa memberikan konten edukatif mengenai perihal kesehatan mental dan lainnya.

  1. Pahami Target Audiens

Audiens adalah penikmat konten yang Anda buat. Langkah selanjutnya ialah pahami apa yang audiens butuhkan. Dengan mengetahui kebutuhan audiens maka Anda bisa mengetahui jenis konten yang seperti apa yang diinginkan.

  1. Selalu Update Dengan Tren Terbaru

Anda sebagai social media creator diharuskan untuk mengikuti tren-tren terbaru yang ada di sekitar. Dari tren-tren tersebut Anda mungkin dapat menemukan ide untuk dibuatkan menjadi konten selanjutnya.

  1. Tentukan Tujuan Yang Ingin Dicapai

Dalam pembuatan sebuah konten, Anda sebagai social media creator harus bisa menentukan tujuan tertentu yang nantinya ingin Anda capai.

  1. Belajar Tools Yang Digunakan

Content creator terkenal dengan penggunaan beberapa tools. Dalam pembuatan konten pun Anda perlu belajar apa itu SEO.

  1. Mencari Ide Dan Inspirasi Dari Orang Lain

Anda sebagai content creator harus pandai mencari inspirasi. Seringlah melihat dan mencari informasi dari konten-konten yang sudah ada. Mungkin saja dengan melihat konten dari media sosial orang lain, Anda akan memiliki banyak ide yang bisa Anda kembangkan nantinya. Seperti halnya untuk membuat nama username IG aesthetic bisa juga dari konten-konten yang sudah ada sebelumnya.

Pengalaman Sebagai Social Media Creator

Saat ini saya bekerja freelance sebuah online shop pakaian anak sebagai Social Media Creator. Keseharian saya membuat konten dan design seputar edukasi parenting untuk orang tua dan anak. Saya sudah menekuni sebagai social media creator sejak Mei 2021. Saat SMK saya mengambil jurusan Multimedia.

Mungkin dari situlah minat saya terhadap design muncul. Sampai kemudian tiba-tiba saya ditawari sebagai social media creator, dan pada saat itu saya tidak pernah menyangka akan berakhir sebagai content creator.

Saat ditawari, online shop sudah terbentuk dan saya diberikan amanah untuk membuat akun Instagram terlebih dahulu. Kemudian saat akan membuat username saya menggunakan nama username IG aesthetic supaya nantinya online shop akan mudah dicari dan ditemukan. Pekerjaan content creator tidaklah semudah yang dibayangkan.

Perlu mencari tren terbaru yang ada di sekitar, kemudian setelah itu membuat design yang sesuai dengan informasi yang akan dibagikan. Selain itu, untuk mencari inspirasi content creator membutuhkan bahan yang banyak untuk di analisa.

Ada beberapa tugas dan tanggung jawab yang saya miliki yaitu:

  • Mencari, menulis dan mengedit konten yang akan dibagikan
  • Membuat konten iklan produk
  • Mencari informasi terbaru mengenai edukasi parenting
  • Menerima pesanan, kritik dan saran para pembeli
  • Monitoringmedia sosial yaitu Instagram dan online shop

Nah, itu tadi pengalaman saya sebagai social media creator yang masih saya geluti sampai hari ini. Tidaklah sulit untuk mencari nama username IG aesthetic dan juga ide konten yang akan dibagikan.