Tips Memilih Kampus Setelah Lulus SMA

Tips

Ketika telah menginjak kelas tiga sekolah menengah atas atau kejuruan, umumnya fokus tidak hanya diarahkan untuk menghadapi ujian akhir sekolah saja. Akan tetapi ke mana nantinya akan melanjutkan jenjang pendidikan menjadi hal yang dicemaskan oleh sebagian besar siswa. Maka banyak lembaga pendidikan yang akhirnya menyelenggarakan tryout UTBK gratis online.

Selain untuk menguji kesiapan calon mahasiswa, nantinya mahasiswa yang telah siap pastinya akan dapat menentukan jurusan yang dipilih nantinya. Sehingga jika salah memilih dan tidak sesuai dengan passion tentunya hal tersebut dapat menjadi beban di kemudian hari.

Oleh karena itu memilih jurusan maupun kampus sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan adalah hal yang harus diperhatikan dengan baik. Ada beberapa tips yang dapat disampaikan seputar pertimbangan untuk memilih jurusan ataupun kampus nantinya. Apa saja itu? Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya.

4 Tips Memilih Universitas dan Jurusan

Di jenjang perkuliahan, ada banyak sekali pilihan jurusan yang menawarkan berbagai keilmuan untuk bekal pekerjaan nantinya. Begitu pula dengan kampus-kampus di Indonesia, di mana banyak kampus dengan akreditasi yang baik yang mana dapat menjadi rekomendasi mahasiswa ketika nantinya akan melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Nah, sebelum memilih kampus maupun jurusan tersebut, mari pertimbangkan 3 tips di bawah ini.

  1. Cari informasi kampus dan jurusan secara lengkap

Langkah awal yang menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan maupun kampus ialah dengan mempertimbangkan informasi yang berkenaan dengan kampus. Apakah kampus tersebut sesuai dengan keinginan atau kampus dapat menawarkan hal yang sesuai dengan kebutuhan calon mahasiswa nantinya.

  1. Fasilitas Pembelajaran

Fasilitas juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan untuk pilihan kampus dan jurusan. Usahkan untuk memilih kampus dengan fasilitas belajar dan lingkungan yang nyaman, sehingga nantinya kegiatan perkuliahan dapat dinikmati dengan baik. Selain itu adanya fasilitas belajar yang lengkap juga menunjang keilmuan mahasiswa menjadi meningkat.

  1. Pertimbangkan reputasi kampus maupun jurusan

Hal yang penting dalam memilih kampus maupun jurusan ialah reputasi dari kampus atau jurusan yang dituju. Hal ini tentunya dibuktikan dengan adanya akreditasi yang dikeluarkan secara resmi oleh BAN-PT. Maka, usahakan untuk mencari kampus dan jurusan yang mana telah terakreditasi A untuk bidang yang akan dipilih nantinya.

  1. Biaya kuliah

Biaya kuliah menjadi hal yang vital untuk dipertimbangkan, karena hal ini menyangkut dengan pembiayaan yang dilakukan nanti hingga ke depannya. Usahakan untuk memilih kampus yang biayanya sesuai dan tidak merepotkan nanti ke depannya. Terlebih bagi calon mahasiswa yang datang dari jalur reguler dan bukan dari beasiswa.

Bagaimana Supaya Tidak Salah Jurusan?

Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan oleh calon mahasiswa baru supaya tidak salah jurusan maupun kampus nantinya. Hal tersebut antara lain:

  • Banyak mengikuti pelatihan

Kini sudah banyak tryout UTBK gratis online yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan guna membantu calon mahasiswa dalam melaksanakan pelatihan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Pelatihan tersebut nantinya dapat menentukan apakah mahasiswa tersebut mampu masuk ke perguruan tinggi yang menjadi tujuannya nanti.

  • Berkonsultasi dengan guru dan orang tua

Dengan berkonsultasi dengan guru dan orang tua, akan ada pengarahan dan bimbingan yang disesuaikan dengan minat dan passion dari calon mahasiswa baru umumnya. Arahan tersebut pastinya didasarkan atas aspek psikologi dan kecerdasan calon mahasiswa.

Demikian tadi informasi yang disampaikan seputar tips memilih kampus maupun jurusan yang mana sekarang ini semakin mudah karena adanya tryout UTBK gratis online yang membantu mahasiswa menentukan jenjang pendidikannya di masa depan. Sekian.