4 Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien

Tips

Untuk pintar jelas harus belajar, tetapi yang namanya belajar kadang tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Hal tersebut bisa disebabkan pelajar menggunakan metode belajar yang salah, kalau dari metodenya saja sudah tidak benar maka susah untuk mencerna mata pelajaran yang sedang dipelajari. Jika mau lebih mudah lagi waktu belajar bisa baca dulu beberapa ulasan di bawah ini.

Tips Belajar Di Rumah Agar Pintar

Sekarang belajar sudah tidak selalu dilakukan di sekolah saja tetapi sekarang sudah bisa belajar di rumah. Meskipun belajarnya bukan di sekolah bersama guru tetap bisa pintar kalau pelajar mau mempraktikkan beberapa tips yang akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

  • Ciptakan Suasana Belajar Yang Nyaman

Hal yang pertama harus dilakukan agar bisa belajar dengan baik harus membuat suasana yang nyaman untuk belajar. Agar suasananya bagus dan cocok untuk belajar maka jangan belajar di rumah saja tetapi cobalah belajar di taman atau di halaman rumah. Biasanya kalau belajar di rumah sering bosan dan akhirnya pelajaran yang dipelajari tidak dapat dipahami. Tetapi kalau suasanya sudah enak, ada banyak mata pelajaran yang harus dipelajari tidak masalah karena bisa masuk semuanya ke otak.

  • Buatlah Rangkuman Materi Pembelajaran

Selain harus membuat suasana yang enak, waktu belajar juga tidak boleh asal baca buku saja. Tetapi setelah membaca buku harus membuat rangkuman dari apa yang sudah dibaca, jadi semua hal yang dianggap penting di pelajaran tersebut harus dicatat semuanya. Misalnya arti sebuah istilah, macam-macam teori dan juga peristiwa-peristiwa penting. Jika sudah membuat rangkuman tersebut sudah tidak perlu lagi baca buku dari halaman awal sampai akhir. Pelajar cukup baca rangkuman yang sudah dibuat tadi saja.

  • Belajar Kelompok

Belajar mandiri di rumah tidak selalu sendiri, belajar bisa bersama teman alias belajar kelompok. Metode belajar seperti ini dikatakan lebih ampuh dan lebih efektif karena suasana jadi lebih santai dan lebih mudah menerima materi. Keuntungan lainnya yang akan dirasakan kalau belajar kelompok adalah bisa saling membantu kalau ada materi atau ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Metode belajar seperti ini sangat cocok digunakan sebelum tes atau sebelum ujian. Jika ingin lebih pintar lagi maka bisa mendaftar bimbel di https://ruangbimbel.co.id/0853-8479-2648.

  • Belajar Jangan Terlalu Lama

Banyak pelajar yang belajar sampai seharian penuh karena akan ujian. Sebenarnya cara seperti itu tidak disarankan untuk dilakukan karena belajar lama tidak akan membuat paham pelajaran malah hanya membuat capai saja. Belajar tidak harus lama tetapi harus yang rutin, rutin di sini maksudnya belajar di setiap saat seperti di pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari. Setiap kali belajar jangan sampai melebihi 1 jam, maksimal waktunya hanya 50 menit saja. Dengan belajar yang rutin pasti mata pelajaran mudah dipahami.

Kendala Saat Belajar Sendiri Di Rumah

Belajar tidak harus di sekolah saja, belajar bisa saja dilakukan di rumah seperti di masa pandemi ini belajar sudah di rumah semuanya. Belajar di rumah lebih susah dibandingkan belajar di sekolah, kalau di rumah sering sekali merasa bosan, mengantuk dan juga tergoda melakukan banyak hal yang tidak ada hubungannya dengan belajar. Agar tidak merasa seperti itu sebaiknya saat belajar di rumah harus menjauhkan benda-beda yang dapat mengganggu seperti smartphone. Jika mau lebih mudah lagi belajarnya bisa ikut bimbel online saja.