6 Tips Mudah Menjadi Seorang Penulis

Tips

Menulis merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan untuk mengungkapkan sesuatu yang ada di dalam pikiran. Pikiran ini berupa gagasan, ide, serta pengalaman, fenomena yang terjadi, dan masih banyak lagi. Melihat contoh kata baku dan tidak baku juga bisa menambah keahlian dalam membuat karya tulis yang berkualitas

Dengan menulis, kamu bisa mengasah kreativitas dalam menuangkan ide atau gagasan melalui karya ilmiah. Apalagi di jaman sekarang, menulis juga bisa menjadi salah satu peluang baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara membuat artikel atau konten blog.

Buat kamu yang tertarik menjadi seorang penulis, kamu bisa menulis di berbagai media, baik media cetak seperti majalah, koran, ataupun pada platform daring seperti blog, media sosial, dan sebagainya.

6 Tips Menjadi Seorang Penulis Handal

Menjadi seorang penulis sekarang ini memang menjadi salah satu profesi yang cukup diminati. Oleh karena itu buat kamu yang masih pemula dan baru mulai mencoba menulis, berikut tips menjadi seorang penulis handal.

  • Jangan takut melakukan kesalahan

Sebagai pemula, terkadang waktu menulis yang harusnya bisa selesai tepat waktu terbuang sia-sia karena terlalu hati-hati dalam menulis. Takut membuat kesalahan jadi salah satu kendala penulis pemula, dimana hal ini malah bisa menghambat proses kreatif menulis.

Takut membuat kesalahan dan takut tulisan jelek jangan sampai kamu lakukan. Belajar dari kesalahan dan jadi lebih kreatif ke depannya. Nikmati saja prosesnya, karena penulis terkenal sekalipun di awal perjalanan kariernya pasti melakukan kesalahan.

  • Berlatih Menulis Pendek

Tips kedua yang bisa kamu lakukan sebagai pemula selain melihat contoh kata baku dan tidak baku adalah dengan berlatih menulis pendek. Belajarlah menulis dengan jumlah kata yang sedikit, tujuannya agar kemampuanmu dalam menulis bisa terasah.

Dengan menulis pendek kamu juga bisa melatih pikiran untuk mengembangkan ide. Sebab menulis juga membutuhkan ide dan juga kreativitas, supaya tulisan yang kamu buat memiliki makna dan bisa diterima oleh pembaca.

  • Memilih Platform yang Tepat untuk Menulis

Setelah kamu bisa membuat tulisan yang informatif dan sudah percaya diri dengan karya yang kamu buat, selanjutnya adalah memilih platform sebagai tempat kamu menuangkan tulisan. Banyak platform yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari media cetak ataupun online.

Kamu bisa mulai mengisi konten pada koran harian atau majalah dengan karya yang kamu buat. Dan juga manfaatkan platform online seperti forum atau membuat blog pribadi untuk menuangkan karya tulismu.

  • Konsisten

Dan tips keempat yang bisa kamu lakukan agar bisa menjadi seorang penulis handal adalah konsisten terus dalam menulis karya. Kebanyakan pemula biasanya hanya bersemangat di awal saja, dimana seiring waktu berjalan minat mereka dalam menulis karya semakin menurun.

Menjadi seorang penulis handal bukan hal yang mudah dan bisa dilakukan secara instan. Oleh karena itu kamu harus tetap konsisten membuat karya tulis dan jangan mudah menyerah apabila karya yang kamu buat masih kurang diminati.

Kesimpulan

Menulis adalah salah satu kegiatan yang bisa mengasah otak dan juga meningkatkan kreativitas, oleh karena itu menulis merupakan kegiatan yang positif. Dengan membuat karya tulis yang baik, kamu juga bisa menjadi penulis yang handal dan membuat banyak karya yang disukai pembaca.

Baca juga contoh kata baku dan tidak baku agar menambah ilmu kamu yang bisa bermanfaat dalam menulis sebuah karya. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat buat kamu yang masih berjuang menjadi seorang penulis yang handal.