Mengenal Berbagai Jenis Media Dalam Dunia Percetakan

Tips

Meskipun dalam penggunaannya sebagai media promosi dan bisnis dunia digital makin hari makin populer di kalangan masyarakat, dunia percetakan juga tidak kalah penting saat ini. Untuk mendapat hasil cetakan yang murah, banyak dari mereka yang menggunakan jasa cetak dengan mesin stensil dan mengandalkan kertas master sebagai kunci utamanya. Bukan hanya itu, dunia percetakan juga memberikan berbagai jasa pelayanan yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana untuk bisnis, namun juga untuk kepentingan lainnya.

Mengenal Beragam Jasa Percetakan Yang Perlu Kamu Tahu

Umumnya, orang akan datang ke percetakan guna mencetak brosur, stiker, dan undangan dalam jumlah yang cukup banyak. Jenis jasa tersebut termasuk dalam kategori percetakan digital atau digital printing. Digital printing terhitung lebih cepat karena menggunakan bantuan mesin peralatan modern. Pengguna bisa menyiapkan data sesuai dengan apa yang mereka inginkan kemudian tidak perlu menunggu waktu lama untuk mendapatkan hasilnya.

Selain Digital Printing, Offset Printing juga cukup terkenal di kalangan masyarakat terutama untuk percetakan dengan menggunakan media kertas. Mesin yang biasa digunakan untuk jenis percetakan ini adalah mesin fotocopy dan mesin stensil yang menggunakan kertas master. Berbeda dengan digital printing, offset printing dikenal lebih murah dan bisa mencetak dalam jumlah yang banyak.

Berbagai Jenis Media Dalam Digital Printing

Untuk digital printing, media yang digunakan sebagai materi cetakan sangat beragam dan banyak antara lain:

  • Kertas undangan

Kertas undangan memiliki berbagai ragam dan jenis seperti kertas Jasmine yang terkenal dengan kesan mewah dan gliternya, kertas ivory yang memiliki material halus dan licin, serta kertas aster yang banyak digunakan karena harganya yang terjangkau.

  • Kertas Stiker

Pembuatan stiker menjadi salah satu jasa yang paling banyak diminati ketika seseorang datang ke tempat percetakan digital. Kertas stiker bervariasi dari yang tahan terhadap panas dan hujan, kemudahan saat pemasangan, hingga efek glossy dan tidak mudah tergores. Jenis kertas stiker vinyl, chromo, hvs, dan stiker foil menjadi jenis yang paling banyak diminati masyarakat dalam pembuatan stiker.

  • Kertas Brosur & Pamflet

Untuk pembuatan brosur dan pamflet, kertas HVS dan kertas art paper menjadi dua pilihan yang bisa dipilih. Kertas HVS memiliki kelebihan memiliki beragam ukuran dan lebih murah. Di sisi lain, kertas art paper memiliki dua sisi yang mengkilap dan halus sehingga cocok untuk media promosi karena warna yang dihasilkan juga lebih menarik.

  • Spanduk dan Banner

Jika dimasa lalu spanduk atau banner biasanya dilakukan di media kain, saat ini media kertas flexi menjadi pilihan karena terkenal lebih awet dan mengkilap. Jenis kertas flexi beragam dan biasanya dibedakan dari ketebalan dan jenis serat yang digunakan. Hal ini pun akan mempengaruhi hasil akhir dari cetakan spanduk.

Berbagai Media Dalam Dunia Offset Printing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, offset printing cukup berbeda dengan digital printing karena media yang digunakan kebanyakan adalah media kertas. Berbeda dengan mesin fotocopy yang menggunakan media karet untuk menghasilkan cetakan selanjutnya, mesin stensil menggunakan media kertas master yang ditumpuk diatas kertas cetakan lainnya. Mesin stensil biasanya digunakan di berbagai kantor instansi pemerintah, perbankan, hingga supermarket. Umumnya, media yang digunakan pada offset printing adalah kertas HVS, ivory, karton, duplek, hingga art paper. Offset printing cocok bagi yang ingin mencetak amplop surat, brosur, majalah, hingga box makanan.