Faktor-Faktor yang Membuat Kendaraan Lebih Irit

Tips

Semua pemilik kendaraan bermotor tentu ingin penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dipakai tidak boros. Apalagi pada kendaraan mobil tentu penghematan bahan bakar merupakan hal yang utama supaya menghemat ongkos harian operasional. Saat ini bahan bakar minyak semakin lama semakin maha bahkan per liternya sudah mencapai harga Rp9.500 untuk pertamax. Artikel kali ini akan membahas faktor apa saja yang  akan membuat BBM kendaraan menjadi irit.

Menghemat Penggunaan Bahan Bakar

Telah banyak produsen mobil yang mempromosikan produk kendaraannya dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi. namun, seperti yang kita tahu efisiensi bahan bakar di sebuah kendaraan tidak hanya tergantung pada mesin, tetapi ada faktor seperti medan yang dilalui serta gaya berkendara si pengemudi.

Tidak semua faktor-faktor penyebab borosnya bahan bakar tidak bisa diatur oleh pengemudi, seperti kondisi jalan misalnya. Sehingga kami akan memberikan informasi mengenai cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan bahan bakar kendaraan yang dikemukakan oleh The Consumer federation of America (CFA) yang merupakan organisasi non profit yang fokusnya melakukan perlindungan pada konsumen. simak penjelasan https://ulasku.com berikut ini.

  1. Spooring Ban

Apabila kendaraan terlalu sering digunakan di kondisi jalan yang berlubang atau rusak dapat mengganggu kinerja ban pada mobil. Tidak hanya itu saja, ban mobil juga akan cepat aus serta posisinya menjadi tidak lurus. Solusi nyang tepat untuk kasus ini adalah dengan meluruskan kembali ban-ban mobil. Apabila ban ini terus dipaksakan dan tidak seimbang, maka mesin akan bekerja dengan lebih keras serta membuat bahan akar turun 10% efisiensinya.

  1. Memastikan Tekanan Udara Pada Ban

Masih terkait dengan ban mobil, kondisi angin pada ban juga perlu dioptimalkan di semua kaki-kaki mobil. Ban mobil dengan kondisi angin yang kurang akan memuat efisiensi bahan bakar turun sebesar 2,8%. Sehingga pastikan ban mobil selalu berada di tekanan angin yang sesuai. Untuk tekanannya sendiri biasanya setiap mobil berbeda dan Anda bisa memeriksanya dari stiker yang ditempe di bagian bahwa panel pintu kursi sopir.

  1. Bagasi Kendaraan Kosong

Bobot kendaraan juga akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Semakin ringan bobot mobil, maka semakin irit pemakaian bahan bakar. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk senantiasa mengurangi beban mobil dengan mengosongkan barang-barang yang tidak perlu dibawa di bagasi mobil. Dengan tambahan beban tiap 45 kilogram maka konsumsi bahan bakar akan naik sebanyak 1-2%.

  1. Hindari Menginjak Rem dan Pedal Gas Bersama

Banyak kasus tersebut yang ditemukan oleh pengendara mobil matik, dimana sering memakai dua kakinya di pedal serta satu di gas dan yang lainnya di rem. Hal tersebut tidak dapat dibenarkan baik dari segi keamanan dalam berkendara maupun jika Anda ingin lebih menghemat penggunaan bahan bakar. Dengan menghindari cara tersebut Anda bisa menghemat bahan bakar mobil sampai 35%.

  1. Mengemudi dengan Halus

Cara yang terakhir untuk melakukan penghematan bahan bakar adalah dengan mengemudi dengan halus. Halus disini bukan berarti selalu pelan, namun lakukan akselerasi dan deselerasi yang halus. Pengereman kendaraan secara keras dan peningkatan kecepatan secara tidak konstan akan membuat pemborosan hingga 19% pada kendaraan.

Demikian beberapa faktor yang bisa membuat kendaraan mobil Anda bisa lebih hemat. Selain itu, tips tadi juga memungkinkan Anda untuk semakin menjaga keamanan saat berkendara. Untuk berita lainnya silahkan kunjungi situs Ulasku disini ya.