Tips Mudah Membuat Vlog dengan Perlengkapan Seadanya

Tips

Media sosial saat ini bukan hanya dijadikan sebagai media untuk mencari informasi namun juga dijadikan sebagai media untuk mengekspresikan diri. Bisa kita lihat saat ini betapa banyaknya pengguna media sosial yang menggunakan media sosial untuk mengekspresikan diri. Salah satunya adalah dengan menjadi vlog. Terlebih Youtube menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Dapat kita lihat banyak sekali pengguna yang mencoba peruntungan mereka dengan menjadi Youtuber atau Vloger.

Langkah Awal Menjadi Seorang Youtuber

Memulai Vlog dengan membuat konten video yang diupload di sosial media seperti Youtube bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ada banyak persiapan ide dan modal yang tentunya tidak sedikit. Untuk menghasilkan video dengan gambar yang jernih tentu saja membutuhkan kamera yang bagus. Dan kamera yang bagus tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan keuangan kita tak selalu bisa mencukupi untuk membeli kebutuhan untuk merekan video yang bagus.

Melupakan kamera dengan hargaan jutaan yang sangat sulit untuk dibeli, kita bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar kita. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur kamera pada smartphone yang kita punya. Memang hasilnya mungkin tak akan sebagus video dengan menggunakan kamera mahal. Namun kita bisa menyiasatinya dengan aplikasi edit video yang saat ini banyak pilihannya.

Tips Simple Membuat Vlog Menggunakan Alat Seadanya

Membuat video yang bagus untuk diupload ke media sosial seperti Youtube saat ini tak perlu menggunakan kamera mahal. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya bahwa kamera smartphone juga bisa diandalkan untuk merekam video dengan gambar yang jelas. Berikut ini beberapa tips yang sekiranya akan membantu Anda yang ingin menjadi Vlogger atau Youtuber dengan peralatan seadanya.

  1. Menggunakan stabilizer

Teknologi pada smartphone saat ini tentu saja sudah canggih, tergantung dari merk dan jenis smartphone apa yang kita gunakan. Namun, agar hasil video terlihat lebih baik maka akan sangat baik jika kita memanfaatkan fitur stabilizer yang ada pada smartphone. Terlebih saat kita sedang merekam video dengan bergerak. Pergerakan pada video akan terlihat lebih halus ketika kita menggunakan stabilizer.

  1. Menggunakan light yang terang

Kebanyakan vlogger atau Youtuber akan menggunakan ring lamp untuk membuat video mereka terang benderang. Bagi pemula seperti kita yang tidak memiliki banyak uang, akan sulit untuk membeli ring lamp bagus yang tentunya tak murah. gunakan saja ruangan dengan lampu yang terang agar video terlihat lebih terang. Solusi lain adalah dengan melakukan rekaman di dekat jendela dengan gorden yang dibuka lebar. Dengan demikian, permasalahan lighting untuk video teratasi dengan baik.

  1. Menggunakan tripod penyangga smartphone

Tripod atau alat penyangga kamera atau smartphone adalah salah satu hal wajib yang dimiliki oleh vlogger dan Youtuber. Alat yang satu ini memang sangat membantu ketika melakukan rekaman. Bagi kita yang memiliki modal terbatas, cukup gunakan tripod yang dijual dengan harga ekonomis. Yang penting adalah kegunaan dari barang, bukan mahalnya barang tersebut.

  1. Aplikasi edit video

Secara keseluruhan, proses yang akan memastikan bagus tidaknya video kita adalah proses editing. Kita bisa menggunakan aplikasi Movie Maker untuk mengedit video dengan kreatif. Pastikan suara, gambar, dan konten video yang akan diupload menarik perhatian viewer. Sebelum memutuskan menjadi Vlogger atau Youtuber, kita juga seharusnya mempertimbangkan kemampuan editing video yang kita miliki. Belajarlah mengedit video terlebih dahulu jika memang belum terlalu menguasainya. Dengan demikian kita bisa menampilkan video yang menarik.